Background

MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK


Tugas kelompok
MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK
Diajukan untuk memenuhui tugas mata kuliah
Pembelajaran aqidah akhlak
Oleh: kelompok V
1.     WAHYUDI
2.     RATNAWATI
3.     MURTINI
4.     MASITAH

DOSEN PENGAMPU
ARMIZI. S,Pdi, M.A

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2012
KATA PENGANTAR

 Alhamdulilah, penulis ucapkan kepada allah swt, yang telah melimpahkan karunia nya serta nikmat nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang media pembelajaran aqidah akhlak.
Shalawat beriring salam penulis ucapakan kepada junjungan kita ynabi besar muhamad SAW karena dengan perjuanga nya kita bias membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Selanjut nya kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan mkalah ini, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu semoga mendapat berkah dari allah SWT.
Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekeliruan, namun penulis mengharap tegur sapa, saran dan kritik yang sifat nya membangun dari pembaca, sehingga dengan saran dan kritikan dari pembaca mudah-mudahan penulis bias memperbaiki un tuk kedepaan nya. Karena tak ada manusia terlepas dari kesalahan dan khilaf. Penulis berharap semoga tugas ini bermanfaat bagi kita  semua. Amin

Tembilah, 24 maret 2012

Kelompok V







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................     i
DAFTAR ISI.......................................................................................      ii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang.........................................................................      1
B.     Rumusan masalah....................................................................      1
C.     Tujuan penulisan......................................................................      1
BAB II PEMBAHASAN
A.    pengertian media pembelajaran................................................
B.     jenis-jenis media pembelajaran.................................................
C.     prinsip pengunaan media pembelajaran...................................
D.    pungsi media pembelajaran......................................................
E.     langkah-langkah penyiapan media pembelajaran  MI..............
BAB III KESIMPULAN
A.    kesimlpulan .............................................................................
B.     saran.........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN
A.    latar belakang masalah
media merupakan hal yang mutlak untuk di gunakan dalam proses belajar mengajar. Pemanfatan adalah aktivitas mengunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi pemanfaatan sangat penting karena mebicarakan kaitan antara belajar dengan bahan atau system pembelajaran. Mereka yang terlibat dalam pembelajaran mempunyai tanggun jawab untuk memcocokan pelajaran dengan bahan dan aktifitas aktifitas   yang spesifik, menyiapkan pembelajaran agar dapat berinteraksi

B.     rumusan masalah
a.       apa pengertian media pembelajaran?
b.      apa media yang efektif dalam pembeljaran aqidah akhlak?

C.    tujuan penulisan
a.       untuk mengetahui apa media pembelejaran aqidah yang efektif
b.      untuk memenuhi tugas mata kuliah yang di berikan oleh dosen.







BAB II
PEMBAHASAN
A.    pengertian pembelajaran
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran.
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah bentuk–bentuk komunikasi baik cetak maupun visual dan audio visual,media hendaknya dapat dimanipulasi, didengar, dilihat dan terbaca. Breidle (1966:3): mediapembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai Untuk mencapai tujuan pendidikan. Gerlach dan Elly (1980:244): media pembelajaran adalah orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan sikap dari hasil belajarnya. Gagne (1970): media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar.  Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.



B.     Jenis-jenis media pembelajaran
Pengelompokkan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi, oleh Seels & Glasgow (1990) dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu media tradisional dan media mutakhir.

1. Media tradisional, antara lain :
a. Visual diam yang diproyeksikan (opaque, overhead projector, slides, film
strips)
b. Visual yang tidak diproyeksikan (gambar, poster, foto, charts, grafik, papan
info, pameran)
c. Audio (rekaman kaset, radio)
d. Multimedia (slide suara)
e. Visual dinamis yang diproyeksikan (film, televisi, video)
f. Bahan cetak (buku teks, modul, majalah, hand out)
g. Permainan (games)
h. Realia

2. Media Mutakhir
a. Media berbasis telekomunikasi (teleconference, elearning)
b. Media berbasis mikroprosesor (permainan komputer, hypermedia, CAI,
hypertext)  Sedangkan menurut Rudy Bretz (1971) pengelompokkan media didasarkan pada tiga unsur pokok yaitu suara, visual dan gerak. Adapun klasifikasi media menurut Rudy Bretz sebagai berikut :
1. Media audio
2. Media cetak
3. Media visual diam
4. media visual gerak
5. media audio semi gerak
6. Media semi gerak
7. Media audio visual diam
8. Media audio visual gerak
Anderson (1976) mengelompokkan media menjadi 10 golongan sebagai berikut
1. Audio kaset audio, siaran radio, CD, telepon
2. Cetak contoh buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
3. Audio-cetak Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
4. Proyeksi visual diam Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
5. Proyeksi audio visual diam Film bingkai bersuara
6. Visual gerak Film bisu
7. Audio visual gerak Film gerak bersuara, video/vcd, televise
8. Obyek fisik Benda nyata, model, specimen
9. Manusia dan lingkungan guru, pustakawan, laboran
10. Komputer CAI, (pembelajaran berbantuan computer)
Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa jenis media itu ada tiga yaitu media visual, media audio, dan media audio-visual:
1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik ,buku
2. Media Audio : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3. Media audio visual : Televisi,film,video (VCD,DVD,VTR),computer
Jenis-jenis media pembelajaran yang cocok digunakan pada pembelajaran aqidah di MI menurut penulis adalah media cetak seperti buku pelajaran, modul, brosur, leaflet,kartun,komik gambar,media audio seperti CD, tape recorder kaset, media audio visual seperti film, video, televisi, komputer. Permainan (game), manusia dan lingkungan.








C.    prinsip penggunaan media pembelajaran
Agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk membelajarkan siswa, maka ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan, di antaranya:
a.       Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai ddan diarahkan untuk mencfapai tujuan pembelajaran. Media tidak digunakan sebagai alat hiburan, atau tidak semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar utuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
b.      Media yang akan digunakanharuys sesuai dengan materi pembelajaran. Sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap materi pelajaran memiliki kekhasan dan kekompksan. Meida yang akan digunakanharus sesuai dengan kompleksitas materi pemelajaran. Contohnya untuk membelajarkan siswa memahami pertumbuhan jumlah pandduduki di Indonesia, maka guru perlu mempersiapkan semacam grafik yang mencerminkan pertumbuhan itu.
c.       Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa. Siswa yang memiliki kemampuan mendengarkan yang kurang baik, akan sulit memahami pelajaran manakala digunakan media yang bersifat auditif. Demikian juga sebaliknya, siswa yang memiliki kemampuan penglihatan yang kurang. Akan sulit menangkap bahan pemebelajaran yang disajikan melalui media visual. Setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya yang berbeda. Guru perlu memerhatikan setiap kemampuan dan gaya tersebut.
d.      Media yang akan diguanakan harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi. Edia yang memrluian peralatan yang mahal belum tentu efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Demikian juga media yang sangat sederhana belum tentu tidak memiliki nilai. Setiap media yag dirancang guru perlu memerhatiakn efektivitas penggunanya.
e.       Media yang diguanakn harus sesuai dengan kemampuan guru dalam engoperasikannya. Sering media yang kompleks terurama media-media mutakhir seperti media computer, LCD, dan media elektronik lainnya memerlukan kemampuan khusus dlam mengoperasikannya. Media secanggih apapun tidak akanbisa menolong tanpa kemampuan teknis mengoperasikan dan memanfaatkan media yang akan digunakan. Hal ini perlu ditekankan, sebab sering guru melakukan kesalahan-kesalahan yang prinsip dlam menggunakan media pembelajaran yang pada akhirnya penggunaan media bukan menambah kemudahan siswa belajar, malah sebaliknya mempersulit siswa.
D.    fungsi media pembelajaran
Media memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
1.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar–gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.

2.  Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas.
Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena : (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.
3.    Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
4.     Media menghasilkan keseragaman pengamatan
5.     Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6.     Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
7.     Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
8.     Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak

E.   langkah-langkah penyiapan media pembelajaran aqidah akhlak di MI

Jenis-jenis media pembelajaran yang cocok digunakan pada pembelajaran aqidah di MI menurut penulis adalah media cetak seperti buku pelajaran, modul, brosur, leaflet,kartun,komik gambar,media audio seperti CD, tape recorder kaset, media audio visual seperti film, video, televisi, komputer. Permainan (game), manusia dan lingkungan. Agar penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar berhasil dengan baik, perlu dilakukan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Dalam langkah- langkah tersebut, guru dan siswa terlibat aktif sehingga kegiatan pemanfaatan lingkungan tersebut menjadi tanggung jawab bersama.
Media mana yang akan digunakan tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai, sifat bahan ajar, ketersediaan media tersebut, dan juga kemampuan guru dalam menggunakannya. Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Contoh : bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai bersifat memahami isi bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pembelajaran bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer), seperti: biaya, ketepatgunaan; keadaan peserta didik; ketersediaan; dan mutu teknis.
Langkah- langkah penyiapan media pembelajaran aqidah di MI adalah sebagai berikut:
 Pemilihan media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapaivPemilihan media harus disesuaikan dengan biaya yang sesuai dengan kondisi keuangan sekolah
Pemilihan media harus sesuai dengan ketepatgunaan (dalam penggunaan media harus efektif dan efisien )
Pemilihan media harus disesuikan dengan keadaan peserta didik (arakteristik siswa) menarik perhatian, adanya penonjolan/penekanan (misalnya dengan warna), direncanakan dengan baik, serta memungkinkan siswa lebih aktif belajar.
 Pemilihan media harus sesuai dengan media yang tersedia disekolah atau guru bisa membawa langsung media yang dimiliki dan guru mampu menggunakan media tersebut  Dalam
penggunaan media memerlukan langkah langkah seperti perencanaan (pemilihan media yang sesuai), pelaksanaan (pemakaian media), tindak lanjut (setelah melaksanakan media tersebut apa pengaruhnya terhadap perilaku siswa)

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Pengelompokkan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi, oleh Seels & Glasgow (1990) dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu media tradisional dan media mutakhir.


B.     SARAN
Dalam penulisan makalah ini tentu nya banyak terdapat banyak kesalahan  baik dalam penulisan maupun pembahasan. Oleh karna itu penulis mengharap kritik dan saran yang bersipat membangun, sehingga penulis bisa memperbaiki kesalahan yang ada. Dan penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada teman- teman yang telah membantu selesai nya makalah ini dan penulis ucap kan banyak terima kasih.











DAFTAR PUSTAKA
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.2008

E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2008.

Pembelajaranhttp://mediapembelajaranakidah.blogspot.com/2009/10/media-pembelajaran-akhlak.html


http://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/media-pembelajaran/






Categories: Share

1 komentar:

  1. sippp,,,,,


    http://miazart.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-pelajaran-aqidah.html
    http://miazart.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-pelajaran-aqidah.html

    BalasHapus